Manfaat Jamur Kuping Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamur Kuping Bagi Kesehatan

Jamur kuping memilki nama ilmiah “Auricularia auricular”. Jamur ini dikenal dengan nama jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia. Karakteristik unik dari jamur ini yaitu memiliki tubuh buah yang kenyal jika dalam keadaan segar. Namun pada keadaan kering, tubuh buahnya akan menjadi keras seperti tulang.

Beberapa Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan

  • Kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan

Selain rendah kalori dan lemak, jamur kuping hitam juga tinggi protein dan serat. Selain itu, jamur kuping kaya akan sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Jamur kuping juga mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium. Semuanya merupakan mineral penting yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

  • Mengandung antioksidan yang tinggi

Jamur kuping kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang memicu kerusakan pada sel tubuh, seperti polifenol dan sebagainya. Antioksidan juga mampu mencegah beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, radang sendi, dan sebagainya.Antioksidan juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit kardiovaskuler (yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah).

  • Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat jamur kuping adalah untuk melindungi organ jantung. Jamur kuping ditemukan dapat menurunkan kolesterol dan risiko penyakit jantung.

  • Menjaga berat badan

Jamur merupakan satu dari makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat pada makanan sangat baik untuk kesehatan pencernaan, karena dapat membantu gerakan usus menjadi lebih lancar dan menghindari Anda dari sembelit. Tak hanya itu saja, makanan yang memiliki kandungan tinggi serat juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

  • Membantu mencegah anemia

Jamur kuping mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Kekurangan zat besi pada tubuh bisa menyebabkan penyakit anemia. Gejalanya meliputi tubuh cepat lelah, lemas, dan pusing. Itulah sebabnya zat besi termasuk dalam nutrisi yang harus dipenuhi saat hamil. Zat besi juga diketahui bisa mengurangi risiko terjadinya PMS pada wanita yang mengalami menstruasi.

  • Mencegah penyakit Alzheimer

Menurut International Journal of Medicinal Mushrooms, mengonsumsi jamur kuping, jamur shitake,  jamur kancing, dan jamur enoki dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan demensia, termasuk penyakit Alzheimer. Nutrisi yang dimiliki oleh jamur mampu menghambat enzim beta site yang bertanggung jawab untuk melepaskan beta-amyloid peptida yang merupakan senyawa buruk bagi otak.Penyakit Alzheimer adalah kondisi penurunan fungsi otak yang umumnya terjadi pada orang lanjut usia (lansia). Penderita Alzheimer dapat menjadi sangat lemah dalam mengingat, berbahasa, berpikir, dan mengambil keputusan.

Bagi Anda yang ingin memesan Jamuyr kuping Skala Besar maupun Kecil silahkan hubungi kami melalui Whatsapp / Tlp 087880824145

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.