Cara Mengolah Jamur Kuping Dengan Mudah

Jamur Kuping Mudah diolah, jamur kuping sering diolah menjadi berbagai menu sehari-hari. Selain itu, sayuran yang satu ini juga lezat, rendah kalori, dan kaya gizi. Jamur kuping mengandung protein, serat, asam amino, dan mineral. Meskipun jamur kuping kaya nutrisi bagi tubuh, tetapi sebagian orang tidak suka mengonsumsinya karena aromanya yang kurang sedap.

Namun, masih banyak orang yang kesulitan saat memasak jamur kuping, sehingga rasanya jadi kurang lezat dan masih bau kayu. Nah, kali ini IDN Times akan membagikan cara mengolah jamur kuping yang bisa dicoba di rumah. Yuk, simak caranya di bawah ini!

1. Cuci hingga bersih

Pertama, cuci jamur kuping dengan air mengalir hingga bersih. Jangan lupa memijat jamur supaya semua kotorannya hilang dan meminimalisir bau pada jamur.

2. Rendam jamur kuping dengan air garam

Setelah dicuci bersih, kamu bisa langsung merendam jamur kuping dengan air garam. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan bau yang melekat pada jamur. Jika sudah, sisihkan.

3. Rendam dengan air hangat

Kalau jamurnya kering, kamu bisa merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu. Rendam selama kurang lebih 15 menit hingga jamurnya kembali lunak. Setelah direndam air hangat, cuci jamur terlebih dahulu.

4. Iris jamur kuping untuk mempercepat perendaman

Jika jamur kupingnya belum juga lunak, kamu bisa mengirisnya terlebih dahulu. Setelah itu, rendam ke dalam air hangat selama 30 menit.

5. Olah dengan cara ditumis atau dipanggang

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Sciences, jamur lebih baik diolah dengan cara dipanggang atau ditumis daripada digoreng. Disebutkan bahwa menggoreng jamur bisa membuat kandungan gizinya hilang. Itulah beberapa cara mengolah jamur supaya rasanya makin nikmat saat dimasak.

Jamur kuping umumnya ditemukan dalam bentuk yang sudah dikeringkan, karenanya sebelum mengolah jamur kuping untuk dikonsumsi, rendam jamur kuping terlebih dahulu semalaman supaya mengembang. Anda dapat memasak jamur kuping dan menjadikannya tambahan hidangan tumisan ataupun sup, serta mencampurkannya ke dalam salad Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.